Selasa, 08 Juni 2010

Masa-masa Sekolah Dasar di SDN No.2 Kerambitan

jadi teringat masa-masa sekolah dasar di bali dulu. Dulu saya bersekolah di SD Negeri No.2 Kerambitan. Begitu banyak kenangan disana yg tak bisa saya lupakan sampai saat ini. Mulai dari teman-teman, para guru, penjaga sekolah.. wah pokoknya begitu indah. Setiap pagi harus masuk pagi jam setengah tujuh. Jam 6 harus berangkat dari rumah. Sekolah harus piket. Pasti selalu ada piket. Baik itu piket di dalam kelas maupun di luar kelas. Tapi kami nikmati semua itu dan kini aku mengenangnya. Sebenarnya sekolah saya itu kurang favorit. Maklumlah letaknya yg begitu kurang strategis. depan sekolah ada kuburannya (kuburan bahasa balinya semo). Di belakang sekolah ada jurang yg begitu lebar. Terkadang jurang itu dipakai untuk membuang sisa ngaben kecuali debu si mayat pastinya tidak di buang disana. Tapi dikala musim buah "apa gitu namanya/saya lupa" apa buah step namanya?? ah lupa. Pokoknya pohonnya tinggi buahnya seperti sukun tapi di dlamnya ada seperti biji-bijiannya. Nah yg dimakan itu bijiannya tapi tentunya di sangrai dulu. Rasanya biasa saja seperti kacang2an. Kalau pas musim hujan sepatu kami penuh dg lumpur untuk berburu buah itu di dalam tebing.

Oh sugguh sekolah kami yg indah meski muridnya hanya sedikit. Kelas 6 kami hanya tinggal ber-4 orang saja. Yg lainnya pindah ke SD Unggulan yang pada waktu itu letaknya di SDN KUKUH kira-kira jaranknya dari sekolah kami 300 meter. Tapi entah kenapa murid dari Sekolah kami jumlahnya yg paling banyak diterima di SD unggulan tersebut. Padahal dari SDN 1 dan 3 hanya ada 2 ato bahkan cuma 1 perwakilan di SD Unggulan. Apa benar-benar untuk menutup sekolah kami...??Atau karena anak-anaknya yg tidak betah tinggal di SDN 2 Kerambitan.
Alhasil kami kelas 6 hanya tinggal 4 anak. Ini daftar anak tersebut :

1. Tomin
2. Ni Putu Nenik Ardani
3. I Komang Kariasa
4. I Made Pardiasa

inilah yg tersisa di kelas 6. Tapi entah mengapa setelah angkatan kami sepertinya tidak ada lagi program kelas Unggulan. Jadinya yg dapet juara kelas ya cuma itu-itu saja. Dengan tidak ada pergeseran di setiap Catur Wulan : Juara 1 (Ni Putu Nenik Ardani), Juara 2 (Tomin), Juara 3 (I Komang Kariasa)..!!!

Di SD dulu saya masih inget teman-teman yg lain : I Made Edi Arimbawa ini teman mulai kecil sampai entah kapan terakhir saya berkomunikasi dengannya. Rumahnya di deket Bale Banjar wani.

Guru yg masih saya inget namanya sampe sekarang Ibu Sri. Rumahnya deket dg rumahku soalnya . Beliau guru IPS dan sempat ngajari kami kesenian membuat canang sesajen bali. Pas waktu pelajaran Agama saya tidak pernah ikut tapi cuma mendengarkam di kelas. Maklum saya kan satu-satunya murid yg beragama Islam di kelas. Kadang juga disuruh belanja apa gitu sama guru agama daripada saya nganggur di kelas. Saya sih seneng-seneng saja kan tidak ikut pelajaran. Tapi pas ujian ada soalnya yg khusus agama islam. hehehe (yg penting dapet nilai). Total yg beragama Islam di SD kami dulu selama saya sekolah SD ada 5 orang dan 1 orang beragama kristen. Tapi walaupun kami minoritas kami baik-baik saja dan tidak ada perselisihan satu sama lain. Memang toleransi yg terjadi sangat tinggi. Aduh kok jadi ngomongin masalah agama jadi sensi nih....!!

Dulu pernah belajar bahasa daerah bali pas SD tentunya. Bukunya ada 2 : 1. Purwa Aksara (buku tulisan aksara bali ane cereke/ kalo jawa hano coroko) 2. Titi Basa Bali (bahasa bali tapi pake huruf latin). Seru kalo inget waktu SD dulu. Pernah jadi pengibar bendera, pendamping pembina upacara, derijen, dll itu pas upacara di hari senin. Masih banyak lagi cerita yg seru masa kecilku..nanti saya ceritakan lagi ya.. see u in next postingan

0 komentar:

Posting Komentar